Praktek Personal Higiene dan Keseruannya

                                                      


             

                                                                   Rahmatia Mobang

(siswi SMK Negeri Ampera kelas XII Asisten Keperawatan)

 

Pada hari Kamis tanggal 2 juni 2022, tepatnya di SMK Negeri Ampera. Di pagi hari yang cerah siswa-siswa SMK Negeri Ampera melakukan kegiatan rutinnya, yaitu melakukan apel pagi. Setelah melakukan apel pagi, siswa-siswi masuk ke kelas untuk melaksanakan kegiatan belajar.

Pada saat jam pertama, kami siswa kelas XI ASKEP 1 mempelajari mata pelajaran matematika. Setelah dua jam berlalu kami sudah selesai belajar dengan guru mata pelajaran matematika. Dan pada saat jam kedua, kami akan belajar pelajaran yang begitu kami senangi yaitu pelajaran KDTK (Keretampilan Dasar tindakan keperawatan). Alasan kami sangat menyukai pelajaran ini adalah karena setiap materi pada mata pelajaran ini terdapat tindakan praktek, dan tentunya saja kami akan selalu melakukan praktek.

Mata pelajaran ini di asuh oleh seorang guru perempuan  yang bernama Astri Nurbaiti Massa,S.KM. Saya sangat menyukai cara pembelajarannya karena selain mudah dimengerti. Saya juga mudah mengingat apa yang saya pelajari.

Pada hari itu, kami belajar materi tentang personal higiene. Ada empat materi yang dapat kami pelajari secara langsung karena kami sudah mencatat materi tersebut dan sudah mempelajarinya. Keempat materi tersebut terdiri dari memandikan pasien, mencuci rambut, menggosok gigi, dan memotong kuku.

Setiap akan melakukan praktek, kami akan mengawalinya dengan menjelaskan defenisi, tujuan, indikasi, dan kotradikasi dari materi yang akan dipraktekkan. Setelah itu, kami akan menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan saat melakukan praktek dan mendekatkannya ke tempat tidur pasien.

Pada saat melakukan praktek, ibu guru akan membimbing kami. Setelah kegiatan praktek, ibu guru langsung memberikan soal untuk kami kerjakan dan tentunya soal-soal tersebut berkaitan dengan apa yang sudah kami pelajari dan praktekan. Hal tersebut sangat memudahkan kami untuk menjawab soal-soal tersebut karena kami sudah mempelajarinya.
Post a Comment (0)
Previous Post Next Post