Pernak-Pernik SMK Negeri Ampera


                                                                Dika Tarmo

                                        (Siswi SMK Negeri Ampera Kelas XII Asisten Keperawatan)


Pada tahun 2020, saya memasuki SMK Negeri Ampera, saya sangat senang bersekolah di sekolah ini karena sekolah ini sangat disiplin, kebersihan sekolanya sangat dijaga. Sekolah  kami ini sudah dua kali mendapat penghargaan sebagai sekolah terbersih di Kabupaten Alor.

SMK Negeri Ampera adalah sekolah kesehatan. Selain itu, sekolah ini adalah satu-satunya sekolah di Kabupaten Alor ini. Sekolah ini memiliki dua program keahlian, yakni Asisten Keperawatan dan Farmasi Klinis dan Komunitas.

Siswa-siswi di sini diajarkan untuk disiplin. Kami sangat bangga dengan pemimpin kami di sekolah, yaitu Bapak Kepala sekolah kami. Ia adalah orang yang sangat disiplin. Begitu juga dengan guru-gurunya. Selain itu, guru-gurunya juga ada bermacam-macam karakternya. Dari ada yang keras, lembut, tegas, slow/ lemah lembut, semuanya ada.

Ada satu guru kami yang sangat disegani karena guru ini sangat tegas, suka menghajar kami, ketika kami salah. Dia sering dijuluki "Malaikat Pencabut Nyawa". Walaupun demikian, kami sangat bangga dengan guru ini, karena wataknya, dan didikannya yang keras, kami selalu disiplin, dan selalu menjaga kebersihan sekolah kami.

Ada juga guru yang selalu memberikan nasihat dan motivasi. Ia adalah guru yang sangat-sangat luar biasa. Mau dibilang, ia adalah sang motivator terbaik yang kami kenal. Selain itu, ada juga guru yang sangat akrab dengan kami. Mau dibilang guru ini sangat dekat dengan anak muridnya. Dan masih banyak lagi watak guru-guru kami.

Kami bersekolah seperti biasa. Tetapi, suatu ketika, ada satu problem yang kami alami yaitu tentang guru kejuruan kami. Hamper dua tahun, guru kejuruan kami  digonta-ganti. Sampai akhirnya,  kami program keahlianasisten keperawatan mendapat guru kejuruan yang sangat kami senang. Ia mengajarkan kami bagaimana memasang infus, menginjeksi, merawat luka, dan menjahit luka.

Sekolah kami sangat luar biasa, sekolah yang berisi siswa-siswi yang hebat dan guru-guru yang hebat. Sekolah kami sangat berbeda dengan sekolah lain. Selama kami bersekolah di SMK Negeri Ampera mau dibilang, sekolah kami bebas dari perkelahian, atau bebas dari konflik. Sekolah kami sangat menomorsatukan disiplin. Disiplin belajar maupun kehadiran. Kehadiran kami di pagi hari sangat selalu diapelkan. bukan hanya kami, Guru-guru kami juga. Guru-guru harus menggunakan e-finger. Disiplin belajar kami juga terlaksana dengan baik.

Kami setiap hari harus dipaksa untuk belajar mau itu belajarnya ada guru ataupun tidak. Ada salah satu pak guru saya berkata, “anak TK tu yang belajar na harus dibimbing. Kalau kalian sudah besar. Atur diri kalian dalam kelas. Buat aturan dalam kelas sendiri. Semua ini dilakukan bukan untuk orang lain, tetapi untuk kalian sendiri. Sukses atau tidak. Pintar atau tidak, semuanya tergantung anda semua. Anda yang akan hadapi masa depan, buka orang tua, atau guru-guru kalaian”.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post