Kisahnya yang Tak Terkisahkan*


Pose Bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov. NTT, 
Linus Lusi,S.Pd.,M.Pd pada Suatu Event di Kabupaten Alor 
pada Tahun 2021 di SMKN 1 Kalabahi 


Pagi itu, di Nusa Tenggara Timur, sinar matahari menyapa kehadiran Gusti di ruang guru. Wajahnya berseri-seri, mengisyaratkan semangat yang membara. Sebagai pendidik, ia selalu menganggap pendidikan sebagai cahaya yang akan membawa perubahan bagi anak-anak bangsa ke depannya.

Suatu hari, kabar tentang program sebuah beasiswa seperti angin segar baginya. Ia paham betapa pentingnya pendidikan berkualitas untuk merubah nasib generasi penerus di daerahnya. Namun, ada yang harus memberikan contoh. Tanpa ragu, ia segera melangkah untuk menjadi calon penerima beasiswa tersebut, sebuah langkah yang selaras dengan semangatnya dalam mewujudkan impian anak-anak daerahnya. Ia harus maju untuk jadi pemicu semangat anak-anak bangsa di daerahnya.

Namun, perjalanan menuju beasiswa itu tidaklah mudah. ia harus memenuhi berbagai persyaratan, salah satunya adalah surat rekomendasi dari kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, eselon II. Dengan penuh harap, ia mengirimkan pesan singkat namun tulus kepada Pimpinannya melalui aplikasi pesan, memohon dukungan untuk mewujudkan impian tersebut.

Tak berapa lama kemudian, balasan pesan datang dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Itu muncul di layar handphone dan semangatnya. Meski hanya sebuah pesan singkat melalui aplikasi itu, namun kata-kata dukungan penuh dari Pimpinannya mampu menerangi layar ponsel dan harapannya. Beliau tidak hanya merespons dengan baik, tapi juga memberikan apresiasi yang tulus atas semangat dan daya juang sebagai seorang pendidik dalam mendapatkan beasiswa ini.

Surat rekomendasi yang sangat dibutuhkan pun diberikan dengan cepat oleh Pimpinanya melalui bidang GTK. Itu menambah semangat sang pendidik itu untuk melangkah lebih jauh. Senyum kemenangan mengembang di wajah pendidik itu. Ia merasa bangga dan bersyukur atas dukungan yang begitu besar dari Kepala Dinas. 

Dengan semangat yang membara, ia pun segera menyelesaikan semua dokumen yang dibutuhkan untuk beasiswa tersebut. Keyakinannya semakin kuat bahwa dengan dukungan, bimbingan dan arahan dari para Pimpinannya serta dukungan penuh dari komunitas pendidikan di lembaganya, sangat memberikan kontribusi yang berarti baginya. Serta memberikan peluang untuk para pendidik seanteruh provinsi NTT agar dapat moment seperti ini.

"Terima kasih Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, Bapak Linus Lusi, S.Pd.,M.Pd atas segala dukungan dan apresiasinya. Teruslah menjadi berkat bagi sesamamu di mana saja berada. Semua dukungan, serta apresiasinya akan selalu dikenang. Selamat bertugas di tempat tugas yang baru. Tuhan memberkatimu selalu", gumamnya dalam hati.


*Gusti Omkang Hingmane (Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta)

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post