Besmart UNY (E-learning), Fasilitas Belajar Di Era Society 5.0*


Sebagai salah satu perguruan tinggi yang memiliki sejarah panjang dalam dunia pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mendapati dirinya berada di tengah-tengah tantangan besar dalam menghadapi era Society 5.0. Pernyataan dari para pemimpin dan tokoh penting dalam acara-acara resmi seperti Seminar Nasional, wisuda, dan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru menunjukkan bahwa UNY telah memahami pentingnya adaptasi terhadap perkembangan teknologi dan perubahan paradigma masyarakat.

Dalam Seminar Nasional, yang dibuka oleh Prof. Herman Dwi Surjono Ph.D, Dr. Nina Kurnia Hikmaati, SE, MM menyampikan bahwa pemahaman akan posisi perguruan tinggi dalam konteks era baru ini menjadi kunci (https://ti.ft.uny.ac.id/26/9/2020) karena pada tahun 2030, ada kemungkinan Indonesia kekurangan 18 juta tenaga digital (https://ft.uny.ac.id/20/9/2020). Hal ini diikuti dengan pernyataan dari Rektor UNY, Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd, yang menekankan pentingnya penguasaan teknologi digital bagi mahasiswa (https://www.uny.ac.id/25/2/2019). Selain itu, pernyataan dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Dr. (HC) Abdul Halim Iskandar, M.Pd, juga menegaskan peran politik 'super cerdas' bagi mahasiswa dalam menciptakan inovasi yang bermanfaat bagi pembangunan berkelanjutan (https://www.uny.ac.id/8/8/2023). Pertanyaannya, bagaimana universitas dalam menjawab itu?

Dalam dunia pendidikan yang semakin dipengaruhi oleh kemajuan teknologi informasi, UNY harus siap untuk menawarkan lingkungan belajar yang sesuai dengan tuntutan zaman karena menurut Prof. drh. Aris Junaidi, Ph.d “sistem belajar harus berubah menyesuaikan kondisi dan lebih memanfaatkan teknologi digital” (https://ft.uny.ac.id/29/9/2020). Pembelajaran yang cocok dengan itu, misalnya, pemanfaatan Besmart UNY (elearning) yang telah ada. Elearning ini efisien, mudah diakses kapan pun dan di mana pun, terbuka, fleksibel, terdapat berbagai referensi, interaktif, dan berpusat pada mahasiswa. Selain itu, Rosenberg (2001) dan Hall (2001) (dalam Khan,2005:1) mengatakan  bahwa e-learning adalah pasar yang tumbuh paling cepat dan paling menjanjikan dalam industri pendidikan.

Meskipun UNY sudah mulai bergerak menuju integrasi teknologi dalam pembelajaran, tantangan besar tetap ada. Diperlukan investasi lebih lanjut dalam pengembangan program-program online dan peningkatan kualitas sistem pembelajaran yang ditawarkan. Selain itu, keterlibatan aktif dari dosen dan staf dalam mensosialisikan, merancang dan mengimplementasikan e-learning bersama juga menjadi kunci keberhasilan. Khan (2005:155) mengatakan “An institution should have reliable and efficient networks and competent technical staff to support e-learning. All stakeholder groups (i.e., students, faculty members, support staff, etc.) should be informed about the technological and technical capabilities of the institution’s e-learning program. They should be well-informed about any latest news and updates about the networks and their accessibility. They should be given appropriate orientation about any updates in the system that may affect their work”.

Dengan ditempuhnya beberapa poin di atas itu, maka UNY telah mengambil sebuah langkah awal yang baik dalam menghadapi Society 5.0. Besmart UNY (elearning) akan digunakan oleh semua civitas akademika dalam memfasilitasi pembelajaran. Semua pembelajar akan benar-benar terfasilitasi dengan baik karena di dalam elearning itu sendiri, pendidik dapat meng-save dan menyampaikan seluruh bahan ajar, melakukan interaksi dan evaluasi, memberikan penjelasan dan diskusi serta memonitor perkembangan peserta didik (Herman Dwi Surjono, Kedaulatan Rakyat: 2021:11). Tentu, ini akan menjadi kebanggan tersendiri untuk semua civitas akademika karena ada pengintegrasian teknologi dan e-learning untuk menjawab tantangan masa depan dalam dunia pendidikan di era society 5.0.

Dengan demikian, Besmart UNY (elearning) merupakan contoh konkret bagaimana e-learning menjadi salah satu fasilitas belajar yang mendukung visinya sendiri (Menjadi Universitas Kependidikan Kelas Dunia Yang Unggul, Kreatif, dan Inovatif Berkelanjutan) dalam menyambut Society 5.0 dalam pemanfaatan teknologi. Sehingga, penyataan dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Dr. (HC) Abdul Halim Iskandar, M.Pd (https://www.uny.ac.id/8/8/2023) tentang berpartisipasi mahasiswa dalam memanfaatkan teknologi untuk menciptakan inovasi-inovasi yang berguna, bagi pembangunan manusia berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan bangsa pun dapat terwujud.


*Gusti Omkang Hingmane, Mahasiswa Pascasarjana, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Program Studi Teknologi Pembelajaran, UNY

24 Comments

  1. Terbaik pak๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ, panutan banget๐Ÿ™

    ReplyDelete
  2. Terbaik buat pa gusti dan tulisannya bagus. Semangat

    ReplyDelete
  3. Mantap pak gusti, tulisannya sangat bagus..
    Sukses selalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, Ibu Guru Yanti. Sukses selalu juga, ya. Salam untuk semua rekan di sekolah.

      Delete
  4. Replies
    1. Terima kasih, Yanti. Sukses selalu juga untuk studinya.

      Delete
    2. Jangan lupa selalu menulis. Gunakan grup kita itu sebaik mungkin dalam menghasilkan karya-karyanya. Semangat!

      Delete
  5. Wah, mantap ni pak Gusti. E-learning itu sangat penting sekarang pak. Sukses selalu pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Literacy Center. Memang betul, zaman sekarang, lembaga pendidikan, apalagi lembaga yang besar, harus gunakan e-learning. Hormat.

      Delete
  6. Mantap Sekali Bang Gusty, sangat tepat sekali karena konten tulisan ini adalah sebuah progress yang sedang kami jalani skrang dalam mengikuti kuliah Reguler Pasca Sarjana - Khususnya Pogram S2 RPL (Regognisi Pembelajaran Lampau).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Pak Jen Kamba. RPL, pakai e-learning (Besmart) ini, kan? Salam

      Delete
    2. Hormat senior, Manajemen Pendidikan. Sukse selalu untuk studinya lewat jalur RPL.

      Delete
  7. Mantap Pak Guru, sukses selalu jadi bagian Society 5.0 dalam pemanfaatan teknologi di dunia pendidikan

    ReplyDelete
  8. Terbaik panutan๐Ÿ™๐Ÿป. Sukses selalu pak๐Ÿ˜‡๐Ÿ™๐Ÿป

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, Mercy. Sehat dan sukses selalu. Jangan lupa untuk selalu menulis, ya!

      Delete
    2. Jangan lupa untuk selalu menulis. Gunakan grup menulis yang ada untuk berdiskusi. Sukses selalu untuk studinya!

      Delete
Post a Comment
Previous Post Next Post