INI BARU PEMIMPIN*

*Gusti Omkang Hingmane

Pemimpin adalah seorang pribadi yang memiliki kecakapan dan kelebihan khususnya kecakapan dan kelebihan disatu bidang, sehingga dia mampu mempengaruhi orang-orang lain untuk bersama-sama melakukan aktivitas-aktivitas tertentu, demi pencapaian satu atau beberapa tujuan. (Kartini Kartono 1994 . 33)
Seorang pemimpin tidak dapat dikatakan sebagai pemimpin yang sukses jika dia tidak memiliki pengikut yang berada di belakangnya yang memberi dukungan dan mengikuti apa yang dikatakannya. Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang tidak hanya sukses memimpin dirinya sendiri, tapi ia mampu membawa orang lain sukses dengan kepemimpinannya.
Untuk menjadi pemimpin yang baik, setidaknya ada beberapa kriteria yang dapat dijadikan acuan untuk mencapai kepemimpinan yang sukses, kriteria ini merupakan kumpulan dari beberapa kriteria pemimpin-pemimpin diseluruh dunia yang menurut saya sangat bagus dalam hal kepemimpinannya. Kriteria itu tak lain dan tak bukan merupakan sikap yang memang harus dijadikan indikator untuk menjadi pemimpin yang sukses, selain itu alasan saya memuat kriteria-kriteria ini juga agar para pemimpin dimasa depan dapat berperilaku lebih baik lagi daripada pendahulunya sehingga negara kita mampu menjadi negara yang makmur karena persatuan, kesatuan dan semangat kebersamaan yang diciptakan oleh penghuninya.
Berikut kriteria-kriteria calon pemimpin masa depan tersebut :
1. Beragama dan Takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa
Ini merupakan kriteria dasar sebagai fondasi bagi bangsa dan negara yang beragama dan mau mempertanggungjawabkan perbuatannya di mata Tuhan. Dimana pemimpin yang baik selain baik hubungannya dengan manusia juga harus berkesinambungan dengan hubungannya kepada tuhan
2. Bertanggung Jawab
Kebanyakan pemimpin pada masa ini mulai meninggalkan tanggung jawab mereka sebagai pemimpin (bukan dalam arti sebenarnya) mereka yang seharusnya menjadi patokan atau menjadi pionir bagi warga negaranya malah meninggalkan tanggung jawab mereka. Padahal tugas mereka selain menjadi pemimpin negara yang baik mereka pula harus menjadi seseorang yang mampu memberikan contoh yang baik pula pada warga negaranya.
3. Dapat Dipercaya
Banyak pula pemimpin yang pada saat akan diselenggarakan pemilu mulai mengeluarkan bantuan bagi warga miskin, mengumbar janji-janji dan bahkan mungkin memberikan bantuan sampai triliunan rupiah namun hasil hutang. Tapi setelah menjadi pemimpin ia bagaikan lupa dengan janji-janji yang pernah diutarakannya pada masyarakat.
4. Berkepribadian sederhana dan bersahaja
Hidup dengan sederhana dan apa adanya bukan berarti seorang pemimpin tidak boleh memakai sesuatu yanhg baik tapi alangkah lebih baiknya jika berpenampilan sederhana namun tetap enak dipandang karena wibawanya.
5. Revolusioner dan berani mengambil resiko
Perubahan yang besar sangat diperlukan agar indonesia dapat bangkit dari keterbelakangan sehingga dapat menjadi kekuatan baru bagi asia untuk bersaing dengan negara-negara maju diseluruh dunia. Negara kita butuh seorang pimpinan yang berani mengambil resiko tapi bukan berarti asal-asalan dalam bertindak, seorang pemimpin yang mampu membawa perubahan yang besar bagi negara ini sehingga mampu bangkit kembali.
6. Berbakti dan mengabdi pada masyarakat
pemimpin yang baik harus mendedikasikan hidupnya untuk berbakti kepada masyarakat, mampu membaur dengan lingkungan masyarakatnya dan harus menjadikan masyarakat sebagai manusia yang berguna bagi nusa dan bangsa, lebih tepatnya lagi seorang pemimpin harus mampu untuk memotivasi warga masyarakatnya agar bekerja dengan hati untuk membangun negeri.
7. Berpikiran maju dan menumbuhkan optimisme baru
pemimpin harus memiliki pandangan yang luas dan pemikiran yang maju sehingga mampu menumbuhkan optimisme baru bagi masyarakatnya bahwa kita mampu membangun negeri kita tercinta ini dengan usaha kita bukan dari pemberian orang lain. Kemudian harus menumbuhkan jiwa kepemimpinan pula bagi warga nya, karena dimasa mendatang para generasi mudalah yang akan menggantikan kepemimpinan mereka setelah mereka tak mampu lagi.
8. Menjadikan 4 pilar kebangsaan sebagai salah satu acuan UUD 1945, pancasila, bhineka tunggal ika dan NKRI merupakan pilar kebangsaan yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan dinegara kita ini, dimana 4 pilar ini merupakan salah satu patokan dalam berperilaku bagi setiap warga negara dan merupakan perwujudan dari rasa nasionalisme dan patriotisme.
9. Menghargai keberagaman dan tidak membeda-bedakan perbedaan adalah hal biasa, namun jika kita tidak mampu menghargainya maka akan menimbulkan kekacauan dalam kehidupan bernegara. Tujuan kita adalah untuk mencapai kesatuan dan persatuan dalam kehidupan. Alangkah lebih baiknya jika sebagai seorang pemimpin mampu mengajarkan arti kebersamaan dan menghargai perbedaan selain itu harus pula tidak bersikap diskriminasi kepada warga negaranya agar tercapai kehidupan yang sesuai dengan salah satu prinsip hukum equality before the law (kesetaraan dihadapan hukm).
10. Mampu mempelajari dan memahami politik luar negeri.
mampu mempelajari dan memahami kehidupan negara lain adalah sesuatu yang harus dimiliki oleh pemimpin yang cakap, hal ini dimaksudkan agar kita bisa mendapatkan indikator/tolak ukur dalam penyelenggaraan negara kita. Apakah sudah baik atau belum.
11. Menghargai usaha orang lain “jika kau ingin dihargai maka hargailah orang lain”
ungkapan ini mungkin adalah salah satu yang paling cocok menggambarkan point ini. Jika seorang pemimpin ingin dihargai kepemimpinannya ia harus pula menghargai orang-orang yang mendukung dalam kepemimpinannya, baik itu para rekannya maupun rakyatnya yang telah membantu dan bekerja keras untuk membangun negara ini.
12. Serius mengaplikasikan Prinsip-Prinsip yang dijalankannya jangan cuma janji-janji palsu (omong doang)
dalam kampanye pemilu, seorang pemimpin harus pula sungguh-sungguh dalam mengaplikasikan prinsip-prinsip dan kebijakan yang telah ditetapkannya. Ia harus cakap agar orang yang dipimpinnya dapat mematuhi peraturan yang telah ia buat, ia juga harus mematuhi peraturan yang ia buat sendiri agar terjadi keseimbangan dan untuk mencapai kesetaraan bagi semuanya.
Inilah beberapa kriteria yang harus ada dalam diri seorang pemimpin. Sebenarnya ada lebih banyak kriteria lain, namun yang hanya bisa dijabarkan cukup 12 ini saja. Semoga para penerus kepemimpinan saat ini bisa membangun negeri ini menjadi lebih baik lagi daripada sekarang. Namun sebesar apapun impian dan cita-cita kita semua tidak akan dapat mudah tercapai jika tidak ada kordinasi dan saling tolong menolong antar warga negara. Harus ada kesinambungan dari pemimpin kepada rakyat.
Tak peduli siapa pemimpinnya kita harus tetap mendukung mereka. Untuk pemimpin selanjutnya bertanggung jawablah, karena anda tidak hanya bertanggung jawab didunia ini masih ada kelanjutan setelah kehidupan ini dimana anda akan dimintai pertanggung jawaban olah-Nya. 



Post a Comment (0)
Previous Post Next Post